Kesepian lebih bahaya dari Rokok!

Sedih Depresi (dok. Corbis)

Apakah Anda sering merasa kesepian? Hati-hati karena perasaan ini dapat membahayakan kesehatan. Bahkan kesepian yang intens dirasakan, bisa menjadihidden killer” yang lebih berbahaya dari obesitas dan kebiasaan merokok.

Seperti dikutip dari laman DailyMail, hampir satu dari sepuluh orang tua yang menderita kesepian intens, mengalami peningkatan risiko depresi. Keadaan ini diperparah bila memiliki pola makan buruk, dan kurang olahraga.

Kini, dampak perasaan kesepian juga telah dikaitkan dengan gangguan kognitif seperti demensia.

Kampanye ‘Mengakhiri Kesepian’ saat ini sedang diselenggarakan oleh Age UK Oxfordshire, Counsel and Care, Independent Age and WRVS.

Dalam kampanye, mereka mengingatkan rasa kesepian bisa menjadi hal menakutkan dan bisa merusak kesehatan, terutama pada orang tua.

“Kami perlu mempertimbangkan secara praktis, emosional dan psikologis implikasi meningkatnya jumlah orang yang lebih tua,” kata Andrew Barnett, dari Calouste Gulbenkian Foundation.

Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia juga mengakui bahwa rasa kesepian memiliki risiko tinggi untuk kesehatan. Risikonya lebih besar dari efek merokok dan obesitas. [vivanews.com]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s