Mengungkap Mitos Real Madrid’ Barcelona ‘ & Jendral Franco

Banyak isu miring menyerang Real madrid   yang dituduhkan tetangganya sendiri, tapi kita simak saja kenyataan aslinya, franco menurut sejarah bisa dikaitkan dengan ke dua klub yang akan saya sebutkan disini… Yaitu…
1.franco adalah fans atletico madrid !

Nah ini dia yang bikin bingung… Sebenernya franco (menurut beberapa sejarawan spanyol) adalah pencinta atletico madrid bukan real….karena apa? Karena atletico “aviacon” de madrid adalah buatan angkatan udara spanyol yang sesuai dari latar belakang militer pimpinan franco…

Adapun barca di kucilkan dll semata2 hanya karena si franco benci
-katalunia
-komunis yang identik dengan katalunia dulu

dan bukan karena dia pencinta real madrid

2.franco adalah fans barcelona !

Nah bingung kan? Ini adalah salah satu possible answer tentang siapa klub yang disukai franco…

Franco membantu barca dengan membeli stadion les corts dan untuk nanti membantu dengan uang buat beli nou camp sampe beli luis suarez…

Tau kenapa barcelona demen juara piala kambing dibanding madrid? Karena dulu copa del rey namanya adalah general franco’s cup !

Kalo barca punya mitos kalo mereka kalah 11-1 karena franco, madrid juga ada.. Di semifinal madrid-barca cempion 60an dimana 3 gol madrid disallow wasit

tahukah anda kalo hutang barcelona di hapus dan dibantu dibuat camp nou waktu itu?
Ini buktinya…

makanya si franco dapet medali kehormatan gara2 jasa2nya itu…Ini gambar franco lagi dienugrahi oleh presiden barcelona waktu itu…
di bawah perbandingan juara di saat franco berkuasa jaya2nya di tahun 1940 sampai 1953
barcelona :
La liga -1944–45, 1947–48, 1948–49, 1951–52, 1952–53
atetico madrid :
La liga -1939–40, 1940–41, 1949–50, 1950–51
real madrid :
La liga -nol !
See the difference?
———————————————————————————
membongkar mitos !
1. 11-1 rekor kekalahan barcelona terhadap real madrid adalah intervensi franco !
11-1 adalah rekor pertemuan el-classico sepanjang masa. Barcelonista mempercayai ada intervensi dari orang franco yang masuk ruang ganti mereka dan mengancam bahwa keberadaan mereka disini karena belas kasihan dari franco.buktinya di wikipedia juga ada!….
Faktanya:
1.artikel di wikipedia citation yang dari fifa.com sudah dihapus dan dianggap tidak valid
2.intervensi yang di klaim ada itu dilaksanakan di saat istirahat half-time. Lah faktanya, dibabak pertama real madrid sudah unggul 8-0 !. Dipikir aja pake logika perlu gak intervensi macem itu kalo ga make pun udah digiles duluan?!?
3.kalo punya kekuatan mengintervensi macem itu, kenapa ga ditiap match aja diserukan sperti ini? Liat kan siapa yang juara di tahun2 itu. Kenapa cuma satu match aja yang dipakein gini? Napa gak ditiap pertandingan biar real juara skalian …
4.kalo mau di counter pake sumber wikipedia. Ini ada bantahannya sendiri dari pemaen barcelona saat itu

however, the historian bernardo salazar interviewed both escolà and balmanya, who were part of the squad back then, and both denied these facts.
2.pembelian di stefano adalah intervensi dari franco!
Barcelona udah deal duluan dengan klub pemilik franco. Lalu dengan kekuasaan franco, di stefano malah akhirnya resmi jadi milik madrid. Barcelona akhirnya kalah bersaing mendapatkannya.
Faktanya:
Saat itu, barcelona sedang masa jaya2nya, terutama karena adanya pemain legenda mereka bernama kubala (berkatnya, barca mendapat dua cup dan 1 gelar liga diawal tahun 50an). Nah di tahun 1953, kubala terdiagnosa penyakit di paru2nya. Hal ini membuat barcelona terpaksa mencari pemaen lain, dan di stefano pun akhirnya di boyong ke barcelona.
Nah akhirnya masalah pun muncul, contohnya:
-kubala lantas sembuh,
-di 3 firndly matchnya stefano di barca, dia tampil tidak meyakinkan. Menyebabkan masa depan stefano bermain di tim utama pun diragukan.
-di stefano adalah pemain bermasalah saat itu. Sengketa kepemilikannya bukan hanya muncul di spanyol saja, tapi dengan milionaros dan river plate juga. Sengketa tersebut akhirnya diselesaikan fifa, dan menjadikan milionaros menjadi pemilik sah stefano sampai tahun 1955 abis itu stefano akan jadi milik river plate. Barcelona membeli di stefano dengan harga 4 juta peso(250ribu dolar lah kalo sekarang) hanya kepada river plate, padahal tahun 1953 kontraknya saat itu adalah punya milionaros bukan river plate. Saat itu lah milionaros ngamuk2 dan minta barcelona membayar mereka juga. Namun sayangnya barcelona menolaknya.
-barcelona pun waktu itu hanya membayar 2 juta peso ke river plate. 2 juta lagi belum terbayarkan karena masalah2 diatas dan kesulitan dana.
Dan muncullah madrid ditengah kekisruhan ini dengan membayar ke milionaros(bukan river) dan langsung mendatangi stefano dengan membayar gajinya langsung (perlu diingat bahwa saat itu kondisi keuangan di stefano dan keluarganya pun buruk karena ancaman denda dari milionaros dan belum dibayar oleh barcelona waktu itu).
Jadi pada intinya, barcelona membayar river = sah…real madrid membayar milionaros = sah.
Dua sudut pandang berbeda itulah penyebab akhirnya baik real madrid dan barcelona ikut2an bersitegang. Lalu fifa datang untuk menyelesaikan masalah ini dan mengancam tidak memperbolehkan stefano main sebelum masalah2 diatas selesai.
Lalu muncul lagi masalah, contohnya:
-2 juta sisa transfer yang seharusnya dibayarkan ke river oleh barca tetap tidak dibayarkan.
-karena barcelona tidak mau madrid mendapatkan stefano, dan keuangan barcelona pun buruk saat itu. Barcelona tanpa memberitaukan stefano sendiri menjualnya ke juventus. Kontan saja juve menolaknya karena situasi yang tidak jelas akan kepastian kontrak dari stefano sendiri.
-barcelona akhirnya putus asa dan bermaksud mengembalikan stefano ke river dan meminta river mengembalikan uang 2 jutanya yang sudah terbayar. Udah pasti ditolak river dong….
Nah akhirnya pssinya spanyol turun tangan dan membelah kontraknya stefano. 2 tahun untuk madrid dan 2 tahun untuk barca. Namun karena terlalu banyak masalah di hubungan stefano-barca, dan real madrid sendiri akhirnya menawarkan kompensasi dan penyelesaian hutang barca ke river, maka dengan deal total 4,4 juta peso ke barca. Maka dengan ini selesailah konflik transfer berkepanjangan ini dengan real madrid sebagai pemilik resmi di stefano.
Lalu ada intervensi franco gak? Ya gak ada!3.madrid secara sengaja membunuh presiden barcelona!
Presiden barcelona yaitu joseph sunyol dibunuh oleh franco dengan kejinya. Ini membuktikan bahwa franco benar2 fans real madrid.
Faktanya:
1.dia itu mati tahun 1936, ditahun itu franco bukan seorang raja!. Dia sama sekali belum punya kekuasaan.
2.dia sendiri anggota erc (partai penentang fasis franco, partainya sendiri berhaluan komunis). Di saat perang sipil spanyol, partai itu menjadi salah satu musuh dari pasukan nasionalis. Wajar lah kalo dibunuh, ya lagi perang kok.4.setengah squad barcelona pergi karena franco!
Di tahun 1937, squad barcelona pergi ke meksiko. Tapi karena takut akibat intervensi pemerintahan fasis franco, maka setengah squad itu pergi mencari suaka di meksiko.
Faktanya:
1.singkat aja, tahun segitu barcelona masih belum diduduki pasukan nasionalis franco. Lalu kok bisa make alasan intervensi franco juga?
5.ya bodo amat! Yang penting franco adalah pendukung madrid !
Real madrid itu klub kesukaan franco. Dia itu klub ibu kota, otomatis dia fans madrid!.
Faktanya:
1.stadion pertama real madrid (estadio chamartin) tidak bisa dipakai karena dipakai untuk menjadi kamp penahanan. Kalo franco fans madrid, kok bisa stadion klub kesayangnnya dijadiin tempat macem itu?.
2.millan astray salah seorang figur utama dari lingkaran franco. Dia didamprat habis2an karena menyalahgunakan estadio chamartin tadi sampai2 si astray mengirimkan ancaman pembunuhan ke santiago bernabeu.
3.santiago bernabeu pernah memberikan lencana kehormatan ke moshe dayan di pertandingan basket real madrid vs maccabi tel aviv waktu itu. Hal ini membuat marah franco karena franco waktu itu belum mengakui ada negara yg namanya israel. Hal ini membuat kebencian franco terhadap bernabeu makin menjadi.
4.di tahun 1955, real madrid mengubah nama stadionnya menjadi santiago bernabeu. Lalu kenapa enggak si franco protes? Lalu kenapa enggak franco aja yang dijadiin nama stadion? Kalo punya kuasa mampu meng-intervensi seperti yang beberapa fans barcelona bilang selama ini, hal yang gampang dong ngubah nama stadion doang.

Intinya franco benar-benar tidak punya hubungan dengan real madrid !!!


33 Komentar on “Mengungkap Mitos Real Madrid’ Barcelona ‘ & Jendral Franco”

  1. ade cules mengatakan:

    ini sumber berita dapat darimana?

  2. fariez mengatakan:

    sangat menarik,, tp banyak banget hoax nya yah ??
    anda pasti madrid nista yang pasti penuh dengan kenistaan ??
    ga tau sejarah,, ngomongin sejarah ??

  3. rusfri mengatakan:

    tidak akan ada habisnya membicarakan persaingan 2 klub,setiap klub ada masanya berjaya dengan cara permainannya masing2,madrid pernah berjaya dengan kumpulan pemain2 hebat,zidane,figo,raul,carlos dll,biarkan sekarang barca dengan messi csnya,hal itu tidak akan lama,setiap jaman melahirkan sejarah,biarkan kita menikmati permainan indah barca saat ini,perti menikmati milan dengan dream teamnya 1992-1994,ajax dengan young gun 1994-1196,juve dengan marcello lipi 1996-1998,manchester united dengan class 92 1998-2002,madrid dengan los galacticosnya 2002-2006…..biarkan sekarang barcelona menikmati masa emasnya,tidak lebih dari 2 dr skarang masa itu akan pudar,dan kita tidak tau siapa yang akan menjadi raja di masa berikutnya

  4. yulivan mengatakan:

    Bener ndk ya dia bercerita…yg percaya ya silahkan.
    Klo ndk ya silahkan.
    Maaf, smua org jg bisa buat2 cerita.
    Gbu

  5. bestarticleslinks mengatakan:

    info bagus, tapi masih banyak missing link.

    1.soal Athelitco Madrid. Jauh sebelum bernama atletico “aviacon” de madrid (yang berafiliasi dengan AU Spanyol) Athletico adalah milik perantauan kaum Basque yang sukses di madrid. So, oleh orang Basque, Athletico Madrid dijadikan tim satelit (bayangan) bagi Athletcio Bilbao.

    Karena kaum Basque lebih berpihak ke orang2 catalan pada waktu perang sipil, maka kemudian “aroma” basque di Atletico Madrid dihapus. Kalau di kemudian hari Atl Madrid menjadi terafilasi dengan AU Spanyol, sangat logis di sini bahwa penguasa/militer saat itu turut campur. Jadi, kalaupun Franco bisa disebut fans berat atletcio madrid, tentu dia bukan fans yang sejak awal mencintai atletico Madrid. Karena tim ini awalnya didirikan oleh orang oleh orang Basque, sangat tidak mungkin Franco jadi fans klub yang dimiliki oleh komunitas Basque — komunitas yang juga dibencinya, selain catalan.

    2. Anda menulis :”Tau kenapa barcelona demen juara piala kambing dibanding madrid? Karena dulu copa del rey namanya adalah general franco’s cup “.

    Catatan: Nama copa del ray berubah-ubah. Sebelum franco berkuasa namanya Copa del Ray (menghormati raja Alfonso). Setelah Franco berkuasa namanya diubah jadi “Copa de Su Excelencia El Generalísimo” atau biasa disebut “Copa del Generalísimo”. Kata generalismo (jendral) memang merujuk ke franco. Setelah Franco tidak terlalu punya pengaruh namanya berganti jadi Copa del Ray lagi.

    Dan Barca juara Cope Del Rey (CDR) bukan hanya semasa namanya “Copa del Generalísimo”. jauh sebelum itu barca sudah juara, jauh sesudah itu barca juga berkali-kali menjuarai CDR.

    Jadi, mengaitkan Franco adalah Fans Barca dengan membeberkan fakta bahwa barca klub terbanyak menjuarai CDR (karena piala ini terkait dengan Franco, karenanya Barca mati-matian merebut piala ini) tentu logika yang ceroboh.

    masih banyak alur tulisan Anda yang mengandung missinng link dan terpenggal-penggal soal koneksi Madrid-barca-franco.

    Barangkali akan lebih baik anda mengumpulkan data sebanyak mungkin, baru menuliskannya secara runut, tanpa harus membabi-buta atau dilandasi semangat mematahkan mitos-mitos tertentu. kalau saja anda cukup rajin browsing, barangkali Anda akan sangat terkejut dengan fakta-fakta seputar hubungan Franco-Madrid. Atau hubungan Santiago Barnebau dengan gerakan fasisme di spanyol (ingat, franco adalah seorang fasis yang di perang dunia II berpihak pada nazi dan mussolini). Dan saat itu memang gerakan fasis berlawanan dengan gerakan kumunis (yang memang menjadi bagian penting dari gerakan pemisahan catalan yang ingin republik).

    Dan soal terbesar perang sipil spanyol bukanlah soal komunis-fasis. tapi lebih pada “pemberontakan” wilayah-wilayah yang memang secara cultural berbeda dengan kultur “castillan”. Basque, Catalan, dan Asturian (ditambah dengan Galicia) adalah wilayah-wilayah yang memang tidak berbahasa spanyol (castillan). Mereka memperjuangkan hak kebudayaan mereka. Bahkan Franco sempat melarang penggunaan bahasa non-spanyol di seluruh spanyol. Bahkan Barca sendiri mengubah namanya dari FCB (footall Club Barcelona) menjadi CBF (club futboll de Barcelona). Bahkan lagi, semasa jaya-jayanya Franco, orang catalan hanya bisa berbahasa catalan di di ruang publik di satu tempat :Stadion.

    Di luar itu, pasukan nasionalis di bawah Franco bisa menembak mereka yang melanggar yang aturan soal berbahasa itu. Sehingga waktu itu akhirnya klub seperti barca dijadikan simbol perlawanan Catalan terhadap dominasi Castilllan/nasionalis/franco. Jadi kalau orang catalan (yang sebagian besar fans barca) membenci Franco, apakah masuk akal franco meng-idolakan Barca???????

    masih banyak sisi-sisi tulisan anda yang masih bisa dikritisi. Tentu saja saya harus mengakui saya fans berat barca, tapi tidak semua yang ada di barca saya suka. Saya pun tidak suka dengan ulah Sergio Busquet yang suka diving. itu hanya bentuk kritik kita pada klub yang kita cintai. Jangan melihat seolah-olah klub yang kita cintai sempurna, sehingga data maupun fakta sejarah yang memang menjadi catatan hitan sejarah klub, lantas kita kaburkan dan kuburkan. Kemudian kita memilih fakta-fakta tertentu (atau sesuatu yang kita anggap fakta) untuk mencoba mematahkan sesuatu yang dianggap mitos.

    jadi, selamat browising lebih rajin. gali fakta. beberkan secara jujur tanpa harus membabi buta membela klub tertentu.

    salam,
    harison haris

    • inthedark666 mengatakan:

      “Saya pun tidak suka dengan ulah Sergio Busquet yang suka diving.”

      mungkin kita sama di rangkuman ini..

      • bobby1115 mengatakan:

        kok cuma soal busquet doang sepakatnya..soal missing link nya diakuin gak mas 666 ? gentle dong ahhh..hehehe..eniwei ane bukan fans barca atau madrid kok, cuma doyan baca

      • inthedark666 mengatakan:

        “”Jadi kalau orang catalan (yang sebagian besar fans barca) membenci Franco, apakah masuk akal franco meng-idolakan Barca???????””

        kata2 di atas ga masuk akal gan, franco loh yang bayar hutang2 barca, ada korannya gan.
        baca lagi deh secara teliti tulisan di atas.

        dari komen hasil copas agan yang berbelit di atas, poin yang nyata cuma busquet.😀

  6. Undead Army mengatakan:

    tahayaul!~ tah iya, tah betul!~~ -,-

  7. Lionel mengatakan:

    Kebiasaan org madrid baik pemain, pelatih skalipun fans smua pintar memutarbalikan fakta..!

    Dulu waktu skolah pasti nilai pelajaran bahasa indonesia sempurna…..!

  8. afriwaldi mengatakan:

    KEPALO HUTAK ANG!!!!

  9. Rave mengatakan:

    Franco membayar hutang2 barca tidak lain untuk merebut perhatian rakyat catalan yg saat itu berpaham komunis, agar tidak menentangnya. Cara ada banyak, toh itu salah satu caranya, dan lagi dia di ingat rakyat spanyol dengan medali kehormatan yang dia dapt saat itu…

    • elclasico mengatakan:

      hehe… mungkin si TS waktu posting semangatnya lagi menggebu-gebu sehingga dia cuma menafsirkan logika dari satu sisi yang menurut dia sudah bagus, tapi ane setuju sama bestarticklelink. masih terlalu absurb nih artikel.

  10. Fajar mengatakan:

    salam kenal… terima kasih sudah memposting artikel ini. saya sejak kecil memilih real madrid. entah kenapa dalam 2 tahun ini sering sekali diejek oleh teman-teman kelas yg memilih barcelona. katanya sejarah madrid adalah tukang bunuh lewat jenderal franco. akhirnya terkuak juga. rupanya apa yang mereka tuduhkan itu adalah hoax semata. terima kasih…. bukan berarti setelah baca artikel ini aku tidak akan membalas hinaan temen kelas, lebih dari itu aku makin dukung real madrid supaya selalu maju. maju terus Madrid…!!

  11. Fajar mengatakan:

    pernah pas pertandingan el clasico, fans barcelona mengibarkan bendera catalunia dan bendera israel. lalu di el clasico lainnya, berbalik fans madrid mengibarkan bendera spanyol dan palestine. Saya terus terang sedih, club seperti barcelona kenapa oknum fans nya berpihak pada israel, kenapa tidak kibarkan bendera palestine. silahkan boleh kibarkan bendera catalunia, merdeka pun tidak apa-apa, barca pasti bisa jadi juara liga di negara catalunia sendiri. tapi jangan sampai israel dapat keuntungan dengan kibarkan benderanya.

    • inthedark666 mengatakan:

      Iya ane juga liat, miris memang,
      itu seperti simbolis karakter dari ke dua tim..

    • PembelaKemanusiaan mengatakan:

      wuaah!!! ini sebenernya fakta yg paling miris,saya bukan fans kedua tim,saya hanya penikmat el Clasico tapi begitu membaca komen ini saya jadi antipati dengan Barcelona karena secara tidak langsung mendukung Israel entah dalam dukungan moral ataupun dukungan lainnya.

  12. Dimas mengatakan:

    Buktinya mana fans Barca mengibarkan bendera Nazi/
    Israel????
    jangan mencari klambing hitam lagi..!!!!!!!

  13. Erul mengatakan:

    Liga spanyol hnya mngrucut pda 2 nma sja… Barcelona dan Real Madrid… Shngga klhtan hambar sja dan tk sprti EPL,CALCIO dan BUNDESLIGA yg smwa tim ikt brtrung…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s