Politikus Semua Sama

Catatan kepada kawan-kawan  yang kritis, skeptis, berpikir bebas. 

Juga bagi mereka yang suka menikmati sarkasme dan humor sardonik

“Great men are almost always bad men.”

“Orang besar hampir selalu orang jahat.”

(Lord Acton, sejarawan)

“I am not a crook”

“Saya bukan penjahat”

(Nixon, presiden Amerika Serikat pada kasus Watergate)

“Liars are always ready to take oaths.”

“Pembohong selalu bersedia bersumpah”

(Vittorio Alfieri, pujangga Italia)

“He who is not very strong in memory should not meddle with lying.”

“Siapa yang tidak mempunyai ingatan yang kuat, jangan berbohong.”

(Michel Eyquem De Montaigne, filosof Prancis)

“Great talker, great liar.”

“Orator dan pembicara yang ulung adalah pembohong ulung”

(Kata-kata mutiara Prancis)

“Every government is run by liars and nothing they say should be believed.”

“Setiap pemerintahan dijalankan oleh pembohong,

oleh sebab itu semua pernyataanresmi jangan dipercaya”

(I. F. Stone, pengarang Amerika)

Kalau kita mengelompokkan manusia menjadi dua kelompok, yang baik dan jahat,apakah Abraham Lincoln, ibu Teresa, Mahatma Gandhi, Sukarno, Mohammad Hatta,George Bush masuk kelompok yang terpisah dari Hitler, Mussolini, Hideki Tojo, SaddamHussein dan Osama bin Laden? Alasannya kenapa? Apakah karena masyarakatmengatakannya demikian? Atau sejatinya mereka layak ditempatkan pada kelompok itu.

Bagaimana dengan Stalin atau Lennin atau Fidel Castro? Bukankah faham mereka adalahsosialisme yang memfokuskan diri pada perjuangan untuk kepentingan rakyat banyak?Anehnya, sifat relatif dari kata baik dan buruk juga tergantung pada waktu.

Tahun 1938 Hitler dipuja. Tahun 1945 Hitler dicerca. Juga Sukarno. Awalnya dipuja. Tetapi sejak diturunkannya dari kedudukannya sebagai presiden Indonesia sampai ajalnya, Sukarno dihina, dimaki dan dikucilkan di tahanan rumah. Nama Sukarno identik dengan sesuatu yang buruk.

Masa pemerintahannya disebut Orde Lama yang berkonotasi negatif. Tetapi beberapa dekade setelah kematiannya, namanya di”baikkan” kembali. Sukarno menjadi pahlawan.

Apakah Sukarno dan/atau Hitler adalah orang yang patut diteladani? Hitler adalah orang jahat. Itu persepsi umumnya orang saat ini. Dia bukan teladan yang baik.

Tetapi tahukah anda bahwa Hitler di tahun 1938, setahun sebelum Perang Dunia II, menjadi “The Man of the Year” majalah Time. Hal itu terjadi sebelum Perang Dunia IImeletus.Majalah Time menjadikan pemilihan The Man of the Year sebagai tradisi sejak tahun 1927 dan Charles Lindbergh terpilih sebagai The Man of the Year yang pertama.

Dan Charles Lindbergh adalah pengagum Hitler, Nazi Jerman dan dia juga aktivis organisasi di Amerika yang menentang keterlibatan Amerika Serikat ke dalam Perang Dunia II melawan Hitler.

Apakah orang-orang yang masuk ke dalam The Man of the Year itu mempunyai kualitas yang sama seperti Hitler dan bisa dikelompokkan menjadi satu? Lalu bagaimana dengan Mahatma Gandhi yang menjadi The Man of the Year majalah Time 1930? Samakah dengan Hitler?

Hitler menjadi The Man of the Year majalah Time bersama musuh-musuhnya: WinstonChurchill (1940), Stalin (1939); F. D. Roosevelt (1941), Eisenhower (1944), HarryTruman (1945) dan juga Mahatma Gandhi (1930), Konrad Adenauer (1953), Bill Gates,and Melinda Gates (2005). Apakah Hitler satu kualitas dan satu kelompok dengan Mahatma Gandhi, Konrad Adenauer atau Bill Gates, and Melinda Gates?

Seseorang menjadi pahlawan dan dianggap sebagai bercitra yang patut diteladani, sangat bergantung pada sejarah dan yang mensponsori penulisan sejarah.

Senopati di medan laga Prancis yang terkenal, Napoleon Bonaparte memberi opini mengenai sejarah: “History is a set of lies agreed upon” atau “Sejarah adalah sebuat paket kebohongan yang disepakati untuk diterima sebagai kisah yang benar”. Oleh sebab itu dalam membaca sejarah perlu sikap yang skeptis.

Sejarah sangat bergantung kepada seniman yang membuat pencintraannya. Saya akan tunjukkan sebuah contoh nyata bahwa citra bisa diubah. Ketika semua kosmetiknya dihapus, maka wujud yang sebenarnya akan nampak.

Michaelangelo – sebuah nama yang berarti malaikat Mikail, pemiliknya adalah seorang artis perupa yang dicitrakan sebagai genius. Patung-patung karyanya, lukisannya tidak disangkal lagi, sangat indah.

Terlepas dari semua itu, pernahkan anda mempertanyakan label genius ini? Saya yakin anda tidak pernah mempertanyakan hal ini. Karena sifat manusia yang menyukai konsep-konsep sederhana. Ada karya seni indah maka wajarlah kalau artisnya dikategorikan sebagai genius. Itulah citra yang dibentuk untuk Michaelangelo.

Salah satu karya Michaelangelo yang terkenal adalah patung David atau Daud yang katanya indah. Indah disini karena secara anatomi patung David sempurna sampai rinci.

Betulkah sempurna sampai hal-hal yang kecil? Sayang hal itu tidak benar. David adalah seorang Yahudi yang disunat pada umur 8 hari (Kitab Leviticus 12:3). Itu tradisi Yahudi. Kalau dilihat, patung David tidak menunjukkan bahwa “burung”nya David disunat.

Kemungkinan besar Michaelangelo tidak pernah melihat “burung” yang sudah disunat, dan untuk modelnya (contohnya), dia mengambil “burung”nya sendiri yang tidak disunat. Masalah sunat itu banyak disebutkan di Bible, baik dalam Perjanjian Lama atau Perjanjian Baru.

Di Perjanjian Baru, Paulus adalah orang yang membatalkan kewajiban sunat bagi orang Kristen. Dan sunat adalah yang membedakan antara Yahudi dan Kristen pada masa dan di tempat Michaelangelo. Masalah “burung” David yang tidak disunat adalah masalah yang serius untuk membedakan David dengan orang diluar Yahudi.

Jadi apakah Michaelangelo genius? Jawabnya: “Tidak”. Lebih tepat kalau disebut terampil dari pada genius. Seharusnya Michaelangelo menggambarkan David yang disunat, karena David adalah orang Yahudi dan “burung”nya harus disunat. “Aida Ces”




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s