Teknologi Canggih Yang Akan Melekat Di Baju Anda Kelak

Selama berabad-abad baju memiliki fungsi yang sederhana, melindungi kulit dari faktor eksternal dan menjadi sebuah kebanggaan. Nah di masa depan kira-kira teknologi apakah yang akan melekat di baju anda. Kami menghadirkan teknologi baru di postingan kali ini:

Rompi Anti Peluru Dengan Tambahan Wol

 
Bahan tradisional untuk rompi anti peluru adalah Kevlar, namun menurut studi peneliti Australia, penambahan wol membuat rompi lebih mampu menyerap energi dan air, anti air, dan tentu saja jadi ringan dan murah. Bila normalnya rompi memiliki 36 lapis Kevlar, penambahan wol malah menjadikan rompi menjadi 30 lapis. Lebih optimal lagi karena wol menyerap air, karena lapisan wol akan mengembang mampu menyerap energi tembakan lebih baik.
Pakaian Anti Api yang lebih baik
Perusahaan Lamination Technologies in Pennsylvania telah merancang pakaian khusus yang mampu bertahan di suhu 648 derajat Celcius, desainer merancang pakaian ini dengan cara mencegah kantong panas terbentuk yang membuat pemakai terlindung dari panas ekstrim. Lapis pertama pakaian ini mampu menahan panas selama 7 detik (2x lebih bagus dari produk pakaian tahan api lain), dua lapis mampu menahan panas selama 12 detik dengan luka bakar sebesar 16%.
Masker yang mampu memerangkap gas
 Jika masker biasa menolak gas masuk maka beda dengan masker satu ini karena masker ini justru memerangkap gas dengan struktur kain seperti spon. Kain tersebutterbuat dari serat selulosa dan senyawa kristal, disusun dalam apa yang disebut kerangkalogam-molekul organik (MOF). Kerangka ini membentuk struktur berpori, yangmemerangkap dan menyimpan molekul gas. MOF sebenarnya susah dibuat menjadi kain, namun para peneliti di Cornell mampu menekuk molekul MOF dengan serat selulosa. Hasilnya adalah masker seperti diatas.
Tirai kedap suara
Membuat ruang yang kedap suara memang sulit dan butuh biaya, namun peneliti di Swiss Federal Laboratories for Materials Science and Research (Empa) membuat solusi praktis dengan merancang tirai kedap suara. Pertama, tim Empa mengembangkan modelmatematis untuk mengukur kualitas akustik struktur kain yang diberikan. Ini membantumenentukan karakteristik ideal sebuah tekstil, seperti ukuran pori-pori sangat kecil antaraserat tenunan. Pori-pori akan membantu menahan suara dengan memperlambat turunmelalui gesekan. Dibanding tirai biasa, tirai Empa lebih kedap 5x.
Jas Hujan yang lebih canggih
Inovasi jas hujan terus berlangsung, Polartec merancang jaket Neoshell jaket yang dapat mengeluarkan cairan keringat dari kulit jaket sementara jaket tetap anti air. Peneliti di China mengembangkan bahan kain anti air yang juga mampu menolak sinar ultraviolet. Peneliti University of Minnesota,membuat campuran karbon nanotubes, Teflon, dan kain katun yang tahan air panas dengan suhu 167 �F.
Merubah suara jadi energi
Mahasiswa di American University of Sharjah di United Arab Emiratesbekerja dengan bahan piezoelectric yang mampu menghasilkan energi dari gelombang suara. Bahanpiezoelectric menghasilkan tegangan ketika ada tekanan karena gerakan, tekukan ataugetaran. Gelombang suara, terutama di lingkungan yang keras, dibayangkan bisamendorong tekanan yang cukup untuk menciptakan tegangan kecil yang mungkin cukupuntuk mengisi daya perangkat portabel. Perangkat bisa tertanam dalam pakaian atausepatu.
 Generator dalam sepatu anda
Peneliti dari Universitas Auckland menguji coba membuat sepatu yang dapat menghasilkan energi. Sistemnya seperti pembangkit energi gelombang laut yaitu membangkitkan energi melalui gerakan. Biaya untuk memproduksi generator ini hanya $3.75.
Kulit kedua
 Kulit adalah pertahanan tubuh kita terhadap penyakit, nah bahan tertentu seperti polymer nanoparticles
dapat membunuh bakteri karena bahan ini mampu merusak dinding bakteri dan membuatnya lemah. Tahun lalu, peneliti dari McGowan Institute of Regenerative Medicine mengembangkan polymer mesh fiber yang dapat melindungi dari berbagai ancaman. Didalamnya terdapat enzim yang mengkatalisasi senyawa anti bakteri dan bahan bermanfaat lainnya.
Pakaian bertenaga panas tubuh, gerakan, dan sinar matahari

Peneliti Inggris mengembangkan Solar Soldier, semacam baju perang yang dapat memberi tenaga pada GPS, radio, dan senjata. Cocok untuk kondisi pertempuran yang berlangsung lama, dan uniknya berat baterai-nya cuma setengah dari baterai biasa. Dan bahan pakaian baru ini mampu menyerap panas dari sekitar, cocok untuk misi penyergapan.

Pakaian yang bisa membersihkan udara

Desainer Inggris bernama Helen Storey menggabungkan antara seni dengan sains, inovasinya adalah bahan denim yang mampu memurnikan udara. Di kondisi perkotaan yang sumpek pakaian ini pasti bisa membantu ya.
 Baju yang bisa mencuci sendiri
 Punya pakaian selemari mungkin bisa menjadi sebuah hobi, namun jika saatnya cuci-cuci pasti merepotkan juga. Para peneliti di Australia mengembangkan lapisan serat alamidengan nanopartikel yang menghilangkan noda, bahkan yang rumit seperti noda anggurmerah, ketika mereka terkena sinar matahari. Peneliti nanomaterials Walid Daoudmembuat mantel wol sutera, dan serat rami dengan nanopartikel titanium dioksida, yangjuga digunakan dalam cat dan tabir surya
Game di T-Shirt

Phillips membuat kain tenun dengan LED fleksibel yang disebut Lumalive. Lalu sebuah Laboratorium Interaksi Manusia-Komputer di Ontario mengembangkan t-shirt ini menjadi sebuah game bernama TagURIt, bagaimana cara mainnya? cukup dekatkan diri anda ke orang lain yang memakai kaos sama dan huuup tokoh game di kaos anda akan berpindah ke kaos teman anda. Dan tentu saja ada fungsi lain yang bisa digunakan dengan bahan ini, antara lain menghitung detak jantung seorang atlet.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s